MU

6 Tips Menjaga Perhiasan Agar Tidak Kusam & Tetap Berkilau

19 Mar 2021  |  109x | Ditulis oleh : Admin
6 Tips Menjaga Perhiasan Agar Tidak Kusam & Tetap Berkilau

Perhiasan adalah logam mulia yang bermaterial kuat dan tahan lama. Perhiasan sering dikaitkan dengan kecantikan dan kemewahan, bahkan saat ini perhiasan bisa dijadikan investasi masa depan yang menjanjikan.

Dalam merawat perhiasan sebetulnya kita harus apik dan teratur merawatnya agar perhiasan tersebut tetap berkilau dan tidak pudar. Dalam merawat perhiasan sebetulnya tidaklah rumit bahkan ada cara sederhana agar perhiasan anda tetap terjaga dan anda bisa melakukan perawatannya dirumah saja. Simak tips dalam merawat perhiasan berikut ini !

1. Tidak Membutuhkan Pembersih Khusus

Dalam membersihkan perhiasan, pasti di dalam benak anda membutuhkan pembersih khusus agar perhiasan mudah bersih dan tidak membuat perhiasan cepat pudar. Sebetulnya memang ada pembersih perhiasan khusus untuk membersihkan perhiasan agar tetap kinclong seperti pembersih ultrasonik. Namun anda juga tidak perlu repot membeli pembersih khusus, anda bisa menggunakan bahan yang ada dirumah seperti sabun cuci piring serta sikat gigi. Pembersih tersebut sama efektifnya dalam membersihkan perhiasan namun hati-hati dalam membersihkannya jangan terlalu kasar saat menggosok.

2. Jangan Gunakan Perhiasan saat Tidur

Tips kedua agar perhiasan tetap terjaga yaitu lepaskan perhiasan saat anda hendak tidur. Terkadang anda selalu ketiduran atau memang sengaja menggunakan perhiasan saat akan tidur. Namun itu malah akan membuat perhiasan menjadi rusak, contohnya jika perhiasan seperti cincin atau kalung yang akan menyangkut pada selimut atau kain bantal ketika dipakai tidur. Nah biasakan anda sebelum tidur, lepas dahulu perhiasan agar tetap menjaga perhiasan awet dan tidak rusak.

3. Simpanlah Secara Terpisah

Tips selanjutnya yaitu anda bisa menyimpan perhiasan secara terpisah. Anda harus memisahkan beberapa perhiasan mulai dari perhiasan yang keras dengan yang lunak. Dalam artian perhiasan dengan batu permata lunak akan mudah tergores dengan batu yang lebih keras. Dan juga terkadang rantai kalung sering terlilit kepada perhiasan lain yang mengakibatkan goresan. Maka dari itu akan lebih bagus jika anda memisahkan perhiasan dengan kotak yang berbeda. Selain lebih aman, anda juga lebih mudah memilih perhiasan yang akan dipakai.

4. Kenali Setiap Karakter Perhiasan

Tips selanjutnya yaitu anda harus benar-benar mengetahui jenis perhiasan anda. Merawat dan menjaga perhiasan memang penting namun anda harus tau bahan perhiasan tersebut karena jika salah perawatan maka bisa merusak perhiasan anda. Misalnya jika perhiasan anda adalah perhiasan lapis emas dan anda membersihkan dengan air maka akan merusak permukaan emasnya. Maka dari itu anda harus mengetahui cara perawatan dari setiap jenis perhiasan.

5. Pakai Terakhir dan Lepaskan Terlebih Dulu

Tips selanjutnya yaitu anda harus melakukan kebiasan ini saat menggunakan perhiasan yaitu ketika anda akan memakai perhiasan, gunakan setelah anda selesai berdandan begitu juga sebaliknya ketika anda akan melepas pakaian, lepaskan dahulu perhiasan.

Bahan kimia dalam parfum, hairspray, dan losion berpotensi merusak logam perhiasan dan membuat permata atau berlian terlihat kusam. Jadi penting untuk memakai perhiasan setelahnya. Juga, kalau anda melepas pakaian sebelum perhiasan, anting yang anda gunakan bisa saja tersangkut pada sweater atau baju dan merusaknya.

6. Hindari Panas dan Sinar Matahari

Tips selanjutnya yaitu anda harus menjaga perhiasan dari paparan udara panas dan sinar matahari. Jika perhiasan selalu terkena sinar matahari maka akan berdampak pada kilauan atau warnanya. Ada beberapa jenis perhiasan jika selalu terkena sinar matahari maka akan mempengaruhi warnanya. Hindarkan juga dari suhu panas, misalnya ketika akan memasak atau mandi air panas karena akan merusak perhiasan.

Itulah beberapa tips dalam merawat perhiasan dan membuat perhiasan tetap berkilau. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih

Baca Juga: